Tuesday, January 31, 2023

ULANGAN INFORMATIKA ANALISIS DATA

 

  1. Apakah tujuan belajar analisis data? untuk mendeskripsikan data sehingga bisa di pahami, lalu untuk membuat kesimpulan atau menarik kesimpulan mengenai data yang didapatkan dari sampel
  2. Bagaimana mengakses, mengolah, dan mengelola data yang cukup banyak
    sehingga dapat dianalisis secara efisien, terstruktur dan sistematis? melakukan analisis data 
  3. Jelaskan fungsi untuk pencarian data (Vlookup, Hlookup) menurut kamu! Vlookup, Hlookup adalah fungsi pencarian data yang bertujuan untuk membantu pencarian data di dalam aplikasi pengolah lembar kerja. Untuk dapat membantu analisis data. kita dapat menampilkan data dalam bentuk visual, seperti grafik untuk membandingkan data yang satu terhadap data yang lain.  Peringkasan data merupakan salah satu penerapan dari konsep abstraksi dalam berpikir komputasional. Dalam peringkasan data, kita hanya menampilkan data yang penting, dan kemudian dapat melakukan pencarian lebih dalam jika diperlukan.
  4. Apa yang dimaksud dengan Pivot table? Pivot table adalah sebuah tabel berisi data yang telah diringkas berdasarkan kategori tertentu.
  5. Apa yang dimaksud dengan SUMIFS dan COUNTIFS? SUMIFS dan COUNTIFS adalah formula yang dapat dipergunakan pada aplikasi lembar kerja untuk menghitung nilai dari sekumpulan data berdasarkan kondisi tertentu.
  6. Apa yang dimaksud dengan peringkasan data? mengecilkan data sehingga menjadi lebih ringkas
  7. Mengapa analisis data penting dikuasai oleh siswa kelas 8? Analisis data bermanfaat di dalam pembelajaran siswa bisa membantu dalam melakukan identifikasi masalah siswa dan mencari keputusan terbaik untuk pemecahan masalah siswa.
  8. Bagaimana langkah-langkah membuat grafik di microsoft excel? blok tabel yg ingin dijadikan grafik, kemudian klik insert, Klik 'Insert Line or Area chart pada bagian charts.
  9. Apa yang dimaksud dengan pencarian data? suatu proses untuk mengumpulkan sejumlah informasi di dalam pengingat komputer dan kemudian mencari kembali informasi yang diperlukan secepat mungkin.
  10. Apa yang dimaksud dengan visualisasi data? menggunakan elemen visual seperti diagram, grafik, atau peta untuk merepresentasikan data.
  11. Apa yang dimaksud dengan pengelolaan data? proses mengumpulkan data penelitian dan mengubahnya menjadi informasi yang dapat digunakan oleh banyak pemangku kepentingan
  12. Apa yang dimaksud dengan Fungsi Lookup ? Look up artinya mendapatkan data tentang sesuatu. Fungsi Lookup terdiri atas fungsi vlookup dan Hlookup. Vlookup dipakai jika range data disusun secara vertikal, sedangkan Hlookup dipakai jika range data disusun secara horizontal.
  13. Dapatkah kalian menjelaskan perbedaan fungsi match, choose, dan
    index? Kira-kira, kapan kalian akan memakainya? Fungsi Reference terdiri atas match, index, dan choose. Fungsi Reference akan menunjukkan posisi data dalam suatu range data. Range data yang digunakan dalam pencarian data dapat berupa tabel satu dimensi atau tabel dua dimensi. Tabel satu dimensi adalah tabel data yang disimpan dalam satu kolom saja. Tabel dua dimensi adalah tabel data yang disimpan dalam beberapa kolom.
  14. Apakah kedua fungsi SUMIFS dan COUNTIFS ini memudahkan kalian
    dalam meringkas data? ya
  15. Dari antara fungsi SUMIFS dan COUNTIFS, fungsi manakah yang lebih
    sulit digunakan?SUMIFS 
  16. Menurut kalian, apakah penggunaan absolute references berguna dalam
    penerapan fungsi SUMIFS dan COUNTIFS? Jelaskan! ya
  17. Apakah kalian senang dan tertantang belajar materi analisis data ini? Ya
  18. Kesulitan apa yang kalian alami ketika membuat lembar kerja secara
    unplugged (tanpa komputer)? kalau secara plugged lebih enak karena lebih canggih sehingga lebih cepat selesai
  19. Mengapa fungsi untuk meringkas itu dinamakan “PIVOT”? Carilah makna kata pivot, dan jelaskan relasinya dengan fungsi pivot Excel! Pivot table dapat melakukan kalkulasi berbentuk data, mengubahnya menjadi pivot chart, memindahkan field ke lokasi yang berbeda, dan masih banyak lagi. dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pi.vot [n] putaran; (2) n poros; inti; (3) v berputar. 
  20. Apakah kalian dapat memahami kegunaan pivot table satu dimensi dan
    pivot table dua dimensi yang sudah dipraktekkan di kegiatan ini? mungkin

No comments:

Post a Comment

ULANGAN INFORMATIKA ANALISIS DATA

  Apakah tujuan belajar analisis data?   untuk mendeskripsikan data sehingga bisa di pahami, lalu untuk membuat kesimpulan atau menarik kesi...